Puskesmas:My New World

Ada hal hal baru yang menyenangkan bagiku di tempat kerja yang baru ini. Bukan mengenai orang orangnya, bukan juga tentang pekerjaannya..
Aku merasa mendapat area privasi yang sangat luas. Ruang kerja pribadi dan beberapa fasilitas lainnya yang membuatku tak henti hentinya bersyukur.
Tentu saja suasana baru ini membuatku lebih enjoy n aku jadi bisa menuliskan segala uneg uneg n hal hal yang semoga bermanfaat ke depan lewat blog ini.
Ya saatnya mengasah kemampuan menulisku. semoga ke depan ada banyak hal hal yang bermanfaat yang bisa aku tulis di blog ini..bukan hanya sekedar curhat curhat emak emak..
Well, setelah menjalani diklat 10 hari di Malang.per tanggal 2 Mei aku sudah bena benar aktif menjadi penghuni Puskesmas Kotaanyar
Sambil masih meraba raba n beradaptasi sudah mulai banyak kegiatan yang aku ikuti yaitu Monev Terpadu ke desa , Minilok bulanan, Apel di Kecamatan, kelas Nakes, dan juga supervisi n monitoring dari Dinas Kesehatan. Semuanya adalah pengalaman baru bagiku dan aku sangat sangat menikmati kegiatan ini. PeeR juga cukup banyak sih terutama laporan laporan, cuman kembali lagi sekarang posisikuu sudah bukan pelaksana tapi lebih ke pengawasan n penggerakan..jadi bagaimna caranya menggerakkan teman teman di tempat kerja agar bisa melaksanakan program mereka tepat waktu dan sesuai prosedur .
Lanjut ke cerita masing masing kegiatan ya

1.Minilok Bulanan
          Di minilok Bulanan Mei ini aku sekalian melakukan perkenalan kepada staf. ya tidak semuanya hadir tapi ini merupakan forum resmi pertamaku di Puskesmas. aku sampaikan beberapa materi hasil diklat Manajemen Puskesmas kemrin
2. Kelas Nakes
           Apa sih sebenarnya kelas Nakes itu? yang aku tangkap dari penjelasan beberapa teman, Kelas Nakes adalah ajang berkumpul dari tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas untuk membahas suatu permasalahan/ ilmu baru di bidang pelayanan kesehatan. jadi sifatnya lebih teknis.
topiknya bisa ditentukan di awal misalnya minggu ni membahas tentang Rekam Medis, selanjutnya membahas tentang KIA, begitu seterusnya. Alangkah baiknya jika topik di Kelas Nakes sudah ditentukan di awal tahun pada saat perencanaan program. Sehingga kelas Nakes bisa berjalan efektif efisien (peer juga nih kayaknya)
3.Monev Terpadu
Monev Terpadu merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pelayanan Puskesmas. Monev ini dilakukan terhadap Pustu/Polindes/Ponkesdes di wilayah Kerja Puskesmas. Siapa saja yang berhak melakukan monev ini? Kepala Puskesmas, PJ UKM, PJ UKP, PJ Jejaring dan juga satu orang dari bagian farmasi. Tujuan dari Monev ini untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanan pelayanan di desa. mulai dari bagian administrasi, sarana prasarana, pengelolaan obat dan pelayanan klinis terhadap pasien.
4. Supervisi dan Monev dari Dinas Kesehatan
 Supervisi dan Monev dari Dinas Kesehatan adalah suatu kegiatan yang sifatnya rutin sebagai bentuk   pengawasan dan pengendalian terhadap kinerja Puskesmas yang aku ikuti kemarin, supervisi ini dilakukan terhadap pelaksanaan program yaitu P2PM. Seksi P2 PM dari Dinkes melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan program HIV-AIDS & IMS, Kusta, ISPA, Diare, dan TBC
Sedangkan Monev dari Dinas Kesehatan kemarin adalah satu bentuk kegiatan besar istilahnya Monev terpadu, semua program dan bidang yang ada di Puskesmas dilakukan pemeriksaan dokumen dan juga uji petik di beberapa ponkesde, pustu dan polindes
Tujuannya juga agar Puskesmas lebih bersiap menghadapi akreditasi yang sudah di depan mata

Well, itu beberapa kegiatan yang sudah aku ikuti, pengalaman baru, ilmu yang sebenarnya tidak baru tapi ternyata sudah berkembang dengan demikian kompleksnya. Semoga aku bisa memberikan yang terbaik di dunia baru ini.






Komentar