New World New Experience

Setelah bertahun tahun selalu bikin thread dengan judul Antara Rekam Medis, Promkes dan Internet kini saatnya nambah thread baru..
Well.. per  2 April kemarin aku sudah bukan lagi sebagai karyawan Rumah Sakit.. tidak lagi berkecimpung di dunia rekam medis dan promkes. Ada amanah baru yang harus aku jalankan yaitu sebagai kepala Puskesmas.
Hmmm S.KM jadi Kapus?..sepertinya memang sesuatu hal yang agak sulit dipercaya..apalagi di angkatan kuliahku aku adalah S.KM murni pertama yang jadi Kapus.
Tapi di daerahku , S.KM menjadi seorang kepala Puskesmas bukan hal baru... di tengah dominasi profesi tertua yang menjadi Kepala Puskesmas. S.KM menempatkan prosentase yang lumayan lo. dari 33 puskesmas yang ada di Kabupaten Probolinggo kurang lebih 30% nya Kepala Puskesmas diduduki oleh S.KM..entah itu awalnya berangkat dari disiplin ilmu yang lain.
dan aku juga bukan S.KM termuda yang menjad Kapus. masih ada 3 Kapus S.KM lain yang lebih muda hitungan bulan dan tahun.
Tantangan bagi kami untuk membuktikan bahwa S.KM bisa... tidak boleh pantang menyerah meskipun di luar sana banyak gunjingan atau keraguan dari orang orang..
Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya

Jadi back to topik utama yang pingin aku ceritain.
April bagiku menjadi bulan yang penuh sejarah
3 tahun yang lalu di Bulan April tahun 2016 aku mendapatkan rejeki untuk mengikuti diklat jabfung ahli di Bapelkes Cikarang. waktunya selama 10 hari dan dalam kondisi mengandung 7 bulan
April tahun ni?
selain mendapat amanah baru sebagai Kapus, aku juga langsung mendapat rejeki untuk mengikuti diklat Manajemen Puskesmas di Balai Diklat Murnajati Lawang selama 10 hari dan dalam kondisi mengandung 8 bulan.
Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan.
Aku menganggap ini adalah jawaban atas segala doa-doaku selama ini.
Sebelumnya 10 tahun di RS aku terkungkung dalam dunia Rekam Medis,,bukan aku tidak suka atau gimna ya?
Rekam Medis tetaplah menyenangkan.. banyak kenangan, tapi ilmu adalah ilmu, karakter adalah karakter. Tidak dapat dibohongi.. dalam hati aku merasa begitu stagnan, bosan dengan apa yang aku lakukan. sudah aku ajukan agar aku rolling ke bagian lain sebagai penyegaran dan selama itu pula kesabaranku diuji.
Dan akhirnya bagai mendapatkan durian runtuh aku mendpat surat pelantikan ..
dan disinilah aku berada sekarang
di sebuah Puskesmas dengan jarak kurang lebih 25 km dari rumah. dengan semangat baru, dengan ilmu yang harus terus digali tapi dengan satu keyakinan baru.. InsyaAllah aku bisa..
Ini memang tidak mudah tapi pasti aku bisa.
YA ALLAh kuatkanlah hambaMu disini.
beri jalan keluar dari setiap permasalahan yang terjadi
Bismillahirrohmanirrohim
Welcome to the new world
Pukesmas Kotaanyar April 2019-.....
Puskesmas Kotaanyar Kab. Probolinggo

diklat Manajemen Puskesmas PIS PK 22April-1Mei 2019


Komentar