Mengubah Mind Set

Tadi sore menjelang Maghrib tetiba hpku berbunyi, aku lirik sesaat n ketika melihat namanya di layar aku memutuskan untuk mengangkatnya.dari anak pegawai ibu mertua yang juga masih kena hubungan famili dengan ibu mertua.lalu terjadilah percakapan itu
Aku (A): Halo Assalamualaikum
X: waalaikum salam, ini xxxx mbak
A: ya ada apa mbak>
X: cuma mau ngasih tau bapak sekrg udah gak berobat k RS lg
A: maksudnya?
X: iya bapak barusan keluar dari RS swasta xxxx, sakit muntaber
A: loh knp gak ke RS aj mbak kan udah punya kartu JKN
X: iya penyakitnya beda
A: walaupun penyakitnya beda gak masalah mbak kan tinggal minta rujukan ja
X: iya tau tapi waktu itu malam minggu mbak.klo malam minggu kan di RSUD gak ada dokternya mbak jd lgsg k RSxxxx
A: loh mbak kalo mlam minggu langsung aja lewat IGD mbak..ya jelas ada dokternya lah mbak..malah kalo di RS swasta xxxx dokternya dari sini semua.tapi yo weslah mbak.eman mbak udah ngurus JKN
X: iya mbak tau eman tapi ya bapak udah lemes ini juga cuma disuruh bapak ngasih tau kalo udah gak berobat ke RS lagi
A:ya udah mbak cuma kalo pingin kontrol2 tetap dipake aja mbak kartunya kontrolnya ke RS gpp
X : iya dah mbak y udah deh
A: oke

dan telpon pun diputus...dan membuat aku jadi berpikir...ini baru satu kasus yang aku temui, mungkin di luar sana banyak banget kejadian-kejadian serupa.Memang sih di benak masyarakat pada umumnya, image Rumah sakit daerah memang terlanjur jelek...kalah jauuuhhhhh bangettt dibanding RS swasta..bahkan ada yang membuat slogan begini" kalo mau setor nyawa silahkan ke Rumah sakit daerah, kalo mau sembuh silahkan ke rumah sakit swasta"
Tugas kamilah sekarang untuk mengubah mind set masyarakat akibat pelayanan yang telah diberikan oleh generasi-generasi seblum kami, ini baru di sektor kesehatan, di sektor lainnya sepertinya juga sama saja.Generasi sekarang mempunyai PR yang berat untuk memperbaiki image pelayanan instansi pemerintah.
 Well perjalanan masih panjang..dan sebagai seorang yang mendapatkan lumayan banyak SKS tentang ilmu promosi dan pendidikan kesehatan sudah seharusnya aku mengamalkan ilmu yang telah aku peroleh..  tetap semangat  Askiiiii



Komentar