Seminggu JKN

Seminggu ini kerjanya modar-mandir pendaftaran -MR karena musti mengawasi n mambantu teman-teman yang kewalahan sejak JKN digulirkan per 1 Januari kemarin.

Bersamaan dengan berlakunya JKN, RS ku memberlakukan kartu berobat baru dan perubahan posisi loket pendaftaran.. Jadilah hari Kamis minggu kemarin loket pendaftaran menjadi salah satu tempat yang crowded dan dipenuhi masa..Tak tanggung-tanggung, Kabid Keperawatan yang dulunya eks kepalaku ikut membantu mengatur arus lalu lintas RS. Bahkan Bapak Direktur menyempatkan memberi arahan singkat kepada lautan pengunjung untuk lebih bersabar karena sistem yang baru.

Dan selanjutnya aku lebih berperan sebagai customer service. Alhamdulillah meskipun kurang lancar berbahasa Madura, yang penting dengan banyak senyum n tutur kata Bahasa Indonesia yang halus banyak pasien yang mengerti..

Yang aku sayangkan dari pelaksanaan JKN ini pihak BPJS keliahatan sekali lepas tangan.Mustinya mereka turun langsung ke lapangan menjelaskan tentang JKN ini dan lebih banyak memberikan sosialisasi..Tapi pada kenyataannya, mereka pasif banget hanya menunggu di belakang meja dan tugas sosialisasi dan lain sebagainya terpaksa dilakukan pihak Rumah Sakit..jadilah kami dobel tugas, selain memberikan pelayanan kepada pasien sekaligus menjelaskan kepada pasien tentang sistem yang baru ini..
JKN oh JKN ......

Komentar

  1. JKN iki sama ga sih as dengan bpjs kesehatan yg merupakan mutasi dr askes itu?!

    soale aku agak deg2an dengan bpjs itu... askes aja udah ribet, ini apaaa lagi?! lha amerika aja yg sistemnya dah bagus, asuransi kesehatannya masih kerap bermasalah (inget oprah udah beberapa kali ngebahas) apalagi indonesia yg masih cupu gini?! arrrghhh...

    BalasHapus
  2. JKN itu nama produknya nur atau asuransinya. BPJS itu penyelenggaranya alias dulunya PT ASKES. nah produk dari BPJS ini ya JKN itu terbagi jadi 2 non PBI dan PBI. non PBI ya kayak kita ini PNS, TNI, POLRI..sedangkan PBI ya pasien jamkesmas dulunya..sekarang sistem pembiayaannya pake paket.aku sih belum ngrasain tapi kayake lebih mending yang sekarg Nur. kalo dulu kan meskipun kita punya ASKES, kalo pas operasi banyak nambahnya ya,kalo sekrg katanya gak deh udah lebih banyak yg ditanggung BPJS ini.

    BalasHapus
  3. JKN= Jaminana Kesehatan nasional
    BPJS=Badan penyelenggara jaminan sosial
    PBI=penerima bantuan iuran
    non PBI=non penerima bantuan iuran

    BalasHapus

Posting Komentar