cerita Menyapih

Alhamdulillah 2 tahun hampir 3 bulan sudah usia putriku tercinta...dan selama itu pula ku beri ASI sebagai salah satu bentuk kecintaanku padanya..
Sebenarnya niat untuk menyapih ini sudah sejak  Agustus kemarin, ketika usianya genap 2 tahun, namun niat itu masih maju mundur. Perasaan gak tega,kasihan dan lain-lain menjadi alasannya. Padahal sebenarnya dari segi kesiapan, Mia sudah siap dan dari segi pengurangan frekuensi pemberian ASI juga sudah kulakukan..Namun, ketika bocah ini aku ajak ngomong baik-baik kalo sudah waktunya disapih, eh ni bocah gak mau n sejak itu malah jadi minta nenen terus..mungkin kerasa kali ya kalo mo disapih..

Karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskanku bersikap profesional dan aku merasa sudah waktunya MIA lebih mandiri, minggu kemarin sehari setelah liburan tahun baru Islam Mia mulai aku sapih..
Dan inilah beberapa kesalahan yang aku lakukan ketika menyapih MIA
   1. Mulai menyapih ketika berada di tempat baru dengan orang-orang baru
Ya, aku menyapih Mia ketika berada di Malang karena aku musti rapat 2 hari tanggal 6-7 kemarin. Inilah kesalahan terbesarku, takbisa kubayangkan betapa sedihnya Mia, udah berada jauh dari lokasi biasanya dia tinggal n dikelilingi orang-orang yang tidak tiap hari disampingnya.. Kenal sih kenal, akrab sih lumayan akrab sama yangti yangkungnya..tapi tetap aja kan namanya kalo gak terbiasa n belum menganal karakter Mia jadilah Mia rewel
2.  2. Mulai menyapih ketika anak baru pindah kelompok bermain
Gegara pengasuh Mia berhenti kerja, terpakasa Mia aku masukin playgroup baru yang sekaligus ada tempat penitipan anakny..walhasil dia mendapatkan teman dan lingkungan yang baru, sebelumnya Mia aku daftarin di Playgroup sebelah rumah dengan tujuan untuk menambah teman n memperlancar bicaranya. Toh juga anak baru berusia 2 tahun pastilah yang ada di pikirannya hanya bermain n bermain..tapi gegara pengasuh Mia mandeg n Mia gak mau pisah ma aku n minta ngikut kerja terus, terpakasalah TPA menjadi alternatif. Nah kemarin aku browsing tentang tips menyapih, eh ternyata sebaiknya menyapih tidak dilakukan dalam kondisi anak baru pindah kelompok bermain. Maafin mama ya Mia

3.  3. Begitu disapih ditinggal n dititipkan oleh orang tua
Inilah kesalahan terbesarku, udah hari pertama disapih yang berarti sang anak masih syok n kaget2nya..aku tega ninggalin dia ke Malang n nginep lagi.. Aku sih percaya ma kedua ortuku tapi ternyata menyapih tidak sesederhana yang aku pikirkan..Menyapih sama kompleksnya seperti proses pemberian ASI ekslusif..butuh pengertian, dukungan, dan niat yang kuat.

Hari pertama, kedua, n ketiga Mia masih sering bilang n nunjuk2 PDku .. tapi Alhamdulillah 2 harian ini dia sudah mengerti n bubuk sendiri..Ujian terberat adalah Sabtu Malam minggu kemarin ketika malam-malam jam 12 malam Mia terbangun n menangis jejeritan minta keluar rumah nyari es degan. Bayangkan jalanan udah sepi n ni bocah menangis teriak-teriak minta keluar rumah, Kesabaranku sempat sedikit habis n sempat aku tangani dengan sedikit kasar...Namun sesudahnya aku minta maaf  n berusaha semaksimal mungkin bersikap sabar. Aku gendong dia n aku turuti kemauannya . Dia minta ke rumah Yangti (rumah timur). Aku ingat malam minggu itu kami bertiga jalan2 bersepeda motor  menikmati nasi goreng, es oyen n angsle.Nah di es oyen itu ada komposisi degannya, jadilah malam sebelum dia bubuk dia minta es degan tapi toko es degan tutup lalu aku ajak dia ke soponyono, bukannya beli es degan di depan soponyono aku malah mengajak dia main mobil2an koin, lalu aku alihkan ke toko mama mertua yang ada eskrimnya. Ternyata salah satu karyawan minum es kiko n Mia bukannya memilih es krim malah merengek-rengek minta es kiko.Akhirnya mamer menuruti n aku sedikit kesal meninggalkannya dengan yangtinya. Mungkin peristiwa gagal minum es degan itu begitu menguasai alam bawah sadarnya sampai-sampai kebawa tidur n bangun2 ngamuk2 minta es degan.

Berkaca dari peristiwa malam menjerit itu aku bersiaga.com.. Aku membeli bahan-bahan untuk membuat es doger (mutiara, roti, susu, sirup), aku menyetok es degan di kulkas n beberapa makanan favorit dia.. sambil terus berdoa semoga anakku baik-baik saja n bisa melewati masa menyapih ini dengan lancar n sukses.
Progress untuk hari ini , abis maghrib tadi dia ngantuk n tiba-tiba mengambil posisi tidur di kasur sendiri. Ya Allah beri hamba kekuatan n kesabaran ekstra dalam membesarkan n mendidik putri hamba.

Komentar

  1. ALhamdulillah dulu nindy self weaning, jadi no drama... yang jadi drama justru nyapih dr "ngemut jempol"nya... :(

    btw, sejak ada si kembar aku jadi sering kebablasen ngasarin nindy... hiks Tar kalo ada waktu aku mau nulis soal sibling rivalry ini ah...

    BalasHapus

Posting Komentar