Ramadhan tanpa ART

Selalu ada yang beda pada Ramadhan  di tiap tahunny, 2 tahun yang lalu aku ngelahirin MIA pas Ramadhan, tahun kemarin aku berpuasa dengan status busui plus ada ART yang membantu masak n ngurus rumah. Tahun ni, si ART ngilang entah kemana. terakhir masuk kerja tanggal 6 Juli n minta gaji plus ijin mau ziarah 5 wali. Aku bilang Buk hari Senin masuk ya soalnya saya apel pagi banget yang dijawab dengan anggukan kepala. Ternyata hari Seninnya gak muncul tuh Bu ART. Aku sih gak berharap banyak n udah feeling kalo si Ibu gak masuk, mungkin capek habis dari wali lima. Ditunggu besoknya loh kok gak masuk lagi seh..sampai awal ramadhan n sampai postingan ini aku tulis si Ibu ART tetep gak kunjung balik. Sebenarnya Ibu ART ini masih ada hubungan sodara ma mama mertua, rumahnya juga deket cuma beda kampung.daripada stress mikirin ART yang gak masuk kerja ya udahlah dijalani aja apa yang ada di depan mata.
 
Akhirnya terjadi pembagian jadwal antara aku n mama mertua..dalam seminggu, Mia 3 hari bareng mama, 3 hari ngikut aku kerja.sempat gak mau ma mama n pinginnya ngikut aku terus apalagi kalo aku dah ngeluarin motor, langsung MIA lari siap2 naik.Trus aku beri pengertian pelan-pelan, aku ajak ngomong kalo "Mia sama yangti dulu ya di toko, mama kerja cari duit ntar jam 1 mama pulang Mia ma mama lagi ya nak"
Alhamdulillah berhasil, pokoknya kalo aku lagi repot banget di kantor atau ada rapat, aku sama sekali gak ngeluarin kata-kata yang ada hubungannya dengan kerjaan aku ke Mia, aku bilang terus kalo mia hari ini sama yangti ya..gitu terus deh.
Selain masalah pengasuhan Mia yang paling bikin repot selama RAmadhan tanpa ART ini adalah urusan memasak, praktis aku menjadi asisten mama mertua. Setiap hari mama menyiapkan takjil buat karyawan2 kurleb 8 orang,jadilah setiap sore kita selalu masak untuk skala besar, sebenarnya capek juga sih ya, untung ada karyawan wanita yang bergantian membantu jadi aku bisa sedikit santai..

Setelah genap 2 minggu gak masuk kerja, suatu pagi di parkiran RS aku ketemu ma ARTku itu, aku pikir dia sakit n mau berobat ternyata dia emang nunggu aku n minta sisa gaji buat daftarin sekolah anaknya, aku tanya Ibu berhenti ato gimana? kasian MIA buk gak ada yang urus.trus dia jawab"gak berhenti tapi ibu mo masuk kerja takut dimarahi Ibu ( mama mertua).oalahh ada ada aja..ya jelas lah pasti mama mertua bakalan ngomel tapi ya habis itu selesai udah gak usah dipikir, bilangku waktu itu. trus dia bilang ya udah besok ibu mo masuk kerja. Tapi aku gak percaya, nanggung batinku. sekalian aja abis lebaran( cuma dalam hati aja seh).Eh ternyata besoknya juga gak muncul. ya udahlah aku gak berharap banyak..Toh ternyata dunia gak kiamat tanpa ART, ya emang ribet sih tapi ini maslah manajemen waktu aja, buktinya tanpa ART aku masih bisa melakukan banyak hal, masih bisa browsing, bisa nonton drama korea, bisa bersih-bersih rumah dll. justru ini sebuah tantangan untuk mengefisiensikan waktu. Hikmahnya lagi, ketrampilan memasak juga meningkat..

Terus soal MIA gmna? hmmm, sepertinya aku akan mencoba memasukkan MIA ke TPA selepas lebaran ntar (kalo si ART bener-bener berhenti). Mia juga udah 2 tahun udah waktunya belajar mandiri, di TPA sini denger2 menyenangkan kok, diajari ngaji n belajar juga karena emang punyanya yayasan Islam..
Ya semoga semua berjalan lancar n sesuai harapan.Aminn

Komentar