SWOT

Lagi sumpek dikejar2 laporan tahunan, eh beberapa hari yang lalu dapat SK baru tentang tim penyusunan Renstra RS.jadilah kerjaan n deadline nambah.tapi saya selalu menikmati kalo ada kerjaan tentang penyusunan renstra kayak gini.Pengetahuan berasa upgrade terus n ilmu kuliah manajemen RS n segala hal tentang administrasi n kebijakan kesehatan bener2 kepake gitu. Rasanya sementara menjadi seorang penguasa diantara bos2 tenaga medis yang biasanya  berkuasa.hehehe..lebay.
Dan baru saja saya menyelesaikan bab 3 penyusunan renstra dimana saya mendapat bagian melakukan analisis SWOT sampai menentukan  strategi untuk kunci keberhasilan RS lima tahun ke depan.
Saya jadi tertarik untuk melakukan analisis SWOT pada diri saya sendiri daripada menuliskan hasil kerjaan saya di sini..
Eng ing eng saatnya beraksi. Tapi yang saya analisis disini dalam konteks kerjaan saya di RS
Analisis Lingkungan Internal
1. Faktor Kekuatan
  • Saya komunikatif, lincah, dan cepat tanggap terhadap perintah atasan; skor 3
  • Saya mahir mengoperasikan komputer dan cepat menyerap info terbaru; skor 3
  • Saya memiliki kepercayaan diri yang cukup bagus ketika berhadapan dengan atasan; skor 2
2. Faktor Kelemahan
  • Suka menunda-nunda pekerjaan; skor -1
  • Sering telat ;skor -1
  • Kurang tegas ; skor -2
 Total Skor 4
Analisis Lingkungan Eksternal
1. Faktor peluang
  • Di antara sekian banyak SKM yang ada sekarang, saya termasuk S.KM senior di RS;skor 2
  • Saya menjadi koordinator RM ; skor 3
  • Saya sering diikutkan dalam rapat atau pelatihan; skor 1
2. Faktor Tantangan
  • Banyak S.KM yang mulai mengambil S2; skor -3
  • RS akan merekrut tenaga Rekam Medis untuk staf RM ; skor -2
 Total Skor 1


Strategi untuk kunci keberhasilan saya sbb:
Strategi SO
-Terus meningkatkan pengetahuan dan mempertahankan prestasi untuk memperkuat posisi sebagai koordiator RM
-Meningkatkan komunikasi dengan berbagai pihak terutama atasan
Strategi WO
-Meningkatkan kedisiplinan kerja
-Lebih tegas sesuai porsi
Strategi ST
-Harus melanjutkan S2 dalam kurun waktu 5 tahun ini
-Meningkatkan pengetahuan dan kinerja di bidang rekam medis
Strategi WT
-Meningkatkan disiplin waktu dan disiplin kerja

Sekian analisis SWOT..lumayan ngawur lah mikirnya sekedar buat nglangin sumpeknya kerjaan..Tapi lumayan juga buat bahan introspeksi... Selamat bubukkk








Komentar