Metamorfosis II: Saya dan Hijab (bag.1)

Alhamdulillah, sudah 11 tahun saya memakai penutup kepala atau berkerudung atau BERHIJAB.. Pertama kali memutuskan untuk memakai kerudung adalah ketika menginjak bangku SMA yaitu di pertengahan tahun 2001.Berhijab bagi saya bukanlah suatu pilihan tetapi memang MAU tidak MAU harus MAU alias WAJIB..itu saja sudah telat 3 tahun saya menutup aurat.Bukankah sebenarnya begitu anak wanita memasuki usia aqil baligh yang ditandai dengan menstruasi maka baginya sudah wajib menutup aurat??yayayaya itu teorinya tetapi kenyataannya toh gak semua praktek sesuai teori.hehe
Saat di bangku SMA tahun pertama, saya ingat dalam satu kelas waktu itu hanya ada 2 siswa yang berkerudung yaitu saya n teman saya.Memang pada masa-masa itu kerudung belum menjadi trend seperti sekarang, belum ada komunitas hijabers dll..Nah memasuki tahun kedua SMA, semakin banyak yang memutuskan untuk berhijab, di tahun ketiga malah kerudung sudah mulai menjamur ya..Alhamdulillah
Jujur ketika awal saya memakai kerudung sehari-hari saya sempat galau n belum siap mental. saat itu Ibu yang memutuskan bahwa kami (aku n mbakku)harus mulai menutup aurat ( yang sebenarnya beliau menghendaki SMP kami sudah harus berkerudung). Ketidaksiapan mental saya waktu itu bukan karena saya tidak terbiasa mengenakan kerudung (karena sejak kecil saya dibesarkan dalam komunitas keluarga berkerudung), tapi lebih kepada kekhawatiran saya tentang pergaulan saya nantinya.Yah tentu saja kekhawatiran itu tidak terbukti.tapi tetap saja mental ABG saat itu yang masih labil membuat saya galau..Pernah saya hanya berkerudung saat sekolah saja n ketika bepergian ke luar kota Malang saya lepas kerudung saya..hehe.tapi kegalauan itu tidak berlarut-larut..Akhirnya saya lebih worthed kalo mamakai kerudung n kemana-mana memakai kerudung.
Alhamdulillah, hampir semua teman wanita saya sekarang berhijab
Bagi saya, berhijab selain sebuah KEWAJIBAN adalah juga sebuah proses pendewasaan. Saya tidak pernah mempermasalahkan bagaimana sebenarnya bentuk hijab sesuai syariat, harus begini begitu dll karena menurut saya berhijab adalah sebuah proses menuju kematangan diri dan tentu saja kebaikan.
Selama sebelas tahun berhijab, saya sudah mencoba berbagai jenis model, mulai dari pake celana jeans dan kaos panjang yang terhitung pas body dengan berkerudung, pakai kaos longgar dan celana, sampai dengan jenis abaya..dan itu tadi..semua itu adalah sebuah proses. Seiring dengan bertambahnya usia dan bergantinya status, selera berbusana saya juga mangalami pergeseran..jika dulu saya masih suka pake baju yang agak pas body, sekarang juga masih sama hanya saja saya lebih enjoy kalo busana atasan panjangnya sampai selutut, dan untuk sehari-hari acara keluarga ato pesta ato jalan-jalan dengan baby MIA saya suka memakai terusan model abaya.lebih simple n lebih terlihat anggun looo..
Mungkin banyak juga yang tidak mengira kalo sudah 11 tahun saya berhijab (soalnya kok gayanya gak meyakinkan hehe..).yayayaya kadang saya salut dengan banyak teman saya yang baru saja berhijab dan mereka benar-benar berhijab sesuai aturan.trus membandingkan dengan saya yang sudah 11 tahun kok rasanya saya ini stagnan ya..Kembali lagi, bagi saya ini adalah sebuah proses menuju pendewasaan n Alhamdulillah semakin kesini saya merasa semakin syar'i dalam berhijab. Semoga selalu Istiqomah.Amiiinnn
my favorit abaya
Gambar-gambarnya menyusul yahhh

Komentar

  1. Hehe, nek aku pas memutuskan utk berjilbab, aku cuma pingin 1: ga mau jadi ekstrim. Yo wes sampe sekarang masih begini2 saja... >.<

    BalasHapus
  2. hehe tapi kamu lebih syar'i drpada aku Nur..salut deh m kamuuu

    BalasHapus

Posting Komentar