ASI story (1)

Kurang lebih dua minggu yang lalu waktu aku ke Kantor KaBid karena ada urusan dengan salah satu Kabid dan ternyata beliaunya sedang tidak ada di tempat, nyasarlah aku duduk manis n ngobrol-ngobrol dengan KaSubBid cantik yang sebelumnya adalah Kepala Ruang Anak dan sekarang sedang hamil besar di usianya yang sudah menginjak 42 tahun.perbincangan kami seputar ASI ekslusif  sebagai berikut
Bu W: dek sampean masih ASI ekslusif sampek sekarang?
aku: iya buk
Bu W: gak dibantu sufor sama sekali?
aku: Alhamdulillah gak bu
Bu W: cukup ta? gak kelaparan?
aku: alhamdulillah cukup n gak kelaparan
Bu W: BBnya gmna gak ada masalah:
aku: Alhamdulillah gak ada masalah bu..emang gak gemuk (ASI memang gak bikin gemuk kan?) tapi anak saya segar
Bu W: pasti lincah ya dek
aku: iya...gak bisa diem (kayak mamanya..batinku.hehe)
Bu W: aku kok gak yakin yoh dek lek cukup
aku : hehe jenengan kan lebih ngerti secara teori n pengalaman.InsyaAllah cukup bu, yang penting keyakinan kita (tanpa bermaksud menggurui karena beliau adalah perawat senior)
Bu W: la ya itu..aku gak yakin ce was was kalo anakku kelaparan
aku: pasti cukup bu semakin sering disusui semakin melimpah produksi ASInya kan
Bu W: iya dek
aku: Semangat buuuuu, lalu kami tersenyum dan aku meninggalkan ruang kaBid kembali ke ruangan.

Siang tadi ketika aku nongkrong di ruang KaBid lagi untuk beberapa urusan, kembali aku ngobrol-ngobrol dengan bu KaSubBid tersebut. kali ini obrolan lebih seru karena ada Kepala Ruang Dalam yang sebelumnya Kepala ruang Obgyn dan kebetulan hubunganku dengan Ibu kepala tersebut lumayan akrab
KRO: iki kik makan kacang dulu
aku: wah enak
Bu W: kacang bikin ASI lancar
aku: iya..eh bentar lagi anak saya MP ASI loh buuu
KRO: loh wes pirang wulan wes 6 bulan ta?
aku: tgl 20 ntar genap 6 bulan
Bu W: masih tetap ASI ekslusif sampek sekarang?
aku: Alhamdulillah iya bu
Bu W: aku baru kali ini lo nemui orang RS yang ASI ekslusif sampek 6 bulan
aku: iya bu..saya juga heran lo liat teman-teman bidan yang secara teoritis faham tapi malas menyusui anaknya dengan berbagai alasan (fakta yang aku temui dari teman2 bidanku hampir sebagian besar dari mereka tidak ASI ekslusif 6 bulan).
Bu W: mereka teori menguasai tapi penatalaksanaan kurang..yah banyak faktor
aku: iya..pokoknya yang penting pompa n stok sejak dini bu
Bu W: iya aku dah mulai pompa ini..semoga bisa ASI ekslusif 6 bulan soalnya anakku dulu 3 bulan sudah gak doyan.mungkin karena aku mulai kerja lagi
aku: tersenyum n membatin (never give up susui terus dan terus)..dengan keyakinan InsyaAllah produksi ASI lancar n mencukupi bayi kita..



Komentar