Ke Pasar Semampir..

Tadi pagi jam 7 mama mertua minta tolong aku belanja ke pasar.Belanja mingguan gitu deh...Sebagai anak menantu yang cekatan(wek) aku dengan senang hati mengiyakan permintaan mama.Mulailah daftar belanjaan ditulis.
Ini nih daftar belanjaanku
-bawang putih 1/2 kg
-bawang merah 1/2 kg
-telur
-terung plus kubis
-krai
-lombok n tomat
-kentang
-bawang prei
-ikan nus (cumi)
-ika panggang
-tahu..
dan dimulailah petualanganku berbelanja di hari Minggu. Dengan diantar suami tercinta yang dengan sangat setia selalu mengantar- sampek pintu depan pasar n menanti di parkiran dalam tempo waktu yang tidak terkira- aku mulai mencarai toko sasaran.Memasuki pasar Semampir kulihat kanan kiri toko yang sekiranya menjual bumbu-bumbu dapur itu.Kuputuskan untuk belanja acak yaitu belanja di semua toko sambil survey biar lebih mengenal medan..
Diawali dengan membeli bawang merah n bawang putih di satu target.eh ternyata yang dijual bawang putih tok..jadinya bawang merah beli di toko lain..Setelah mendapat bawang putih setengah kilo dengan harga 10ribu.aku berjalan ke toko berikutnya.sambil mengamati wajah penjualnya aku memtuskan membeli bawang merah di sebuah toko yang penjualnya sepertinya bukan orang asli sini. dan ternyata memang benar dia pake bahasa Indonesia..bagussss..Di situ aku borong bawang merah, kentang, kobis, plus lombok n tomat..
Yup separuh tujuan kelar sudah..saatnya beli ikan2 yang letaknya di dalam pasar...
Dengan kostum yang lumayan pantas untuk masuk mall aku masuk ke dalam pasar yang dipenuhi dengan penjual2 berlogat kental daeah sini.
Abo..deremak iki???ku batin sajalah sambil terus komat kamit berdoa semoga ku bisa mengahadapi penjual-penjual tersebut..
sasaran berikutnya aku mencari krai.sampai disini perjalanan lancar jaya..aku bisa mengatasi bahasa yang digunakan karena penjualnya ngomong campuran..Berikutnya membeli kelapa yang sekalian diparut..Lancar Jaya..Alhamdulillah.Perjalanan masih panjang.kelar beli kelapa parut aku membeli terong ..disini kendala bahasa mulai aku alami karena penjualnya ngomong bahasa medunten asli.wadawww
Buk beli terong aku mendengar jawaban yang aku tidak mengerti artinya apa.akhirnya kujawab beli seribu.dan beliaunya menjawab lagi ngalak lemaan..aku agak bingung dikit dengan ucapan yang sangat cepat.untung ada ibu-ibu di sebelahku yang menerjemahkan ambil lima dek.oww ku langsung manggut2 n baru nyambung n kuulangi ke ibuk penjualnya...ow ngalak lema.enggih...hmm disini aku merasa menjadi Ximena Navarete miss universe yang kemana-mana selalu setia dengan penerjemahnya..kelar bayar n pilih terung kuucapkan Kasoon nggih buk...n langsung ngacir..
Bawang prei, ikan nus n ikan panggang sukses dibeli dengan cepat n tanpa kendala berarti..Tinggal telur aja.akhirnya ku keluar dari pasar n beli telur di toko luar punya Cinten...
Wadaw kranjang dah penuh n berat saatnya pulang.. n mencari suami yang menunggu di luar
Nyampek rumah kubongkar belanjaanku n baru ketahuan kalo ku kelupaan gak beli tahu...trus mama mertua mengecek belanjaanku n bilang krainya tua.aku nyengir ketawa hehe tadi gak ikut milih buk yang bungkusin penjualnya..Dalam hati ku jawab.. santai mam..next time akan kutaklukkan lagi pasar Semampir....c u next time Pasar semampir..Minggu pagi yang heboh..sekarang saatnya belajar masak dari pembokat baru yang cantik n aduhai....



-

Komentar